Selasa, 30 April 2013

resume kelompok 4

A. Pengertian Pasar
Pasar adalah sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Mereka saling berinteraksi melakukan transaksi jual dan beli barang dimana uang di gunakan sebagai alat tukar- menukar.
Jenis-jenis pasar :
- Pasar Nyata
Tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Dalam hal ini pembeli dan menjual melakukan transaksi secara langsung. Contoh : pasar tradisional dan pasar swalayan.
- Pasar Abstrak
Dalam hal pasar abstrak, penjual dan pembeli tidak harus melakukan pertemuan untuk bertransaksi. Hal ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan teknologi seperti internet. Seperti pasar saham, pasar online.
- Pasar Modern
Pasar ini bersifat modern, dimana barang-barang diperjual-belikan dengan harga yang sudah ditentukan (pas) dengan layanan sendiri. Jenis pasar ini dapat berlangsung di mal, dan plaza.
  

Macam-macam pasar menurut bentuk dan strukturnya :
- Pasar Persaingan Sempurna
Pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli dan produk yang diperjual belikan bersifat homogen.
Contoh : pasar hasil pertanian seperti beras dan sayur mayur.
- Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna :
<> Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang terjadi apabila seluruh penawaran terhadap sejenis barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu.
 <> Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi harga.
<> Pasar Duopoli
pasar duopoly adalah Suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan atau penjual.
 <> Pasar Monopolistik
pasar monopolistic adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek yang menunjukan karakteristik produk yang dihasilkan setiap perusahaan.
<> Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni adalah dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang atau jasa dalam suatu pasar.
<> Pasar Oligopsoni
Pasar oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar