Selasa, 30 April 2013

resume kelompok 1

Ini adalah materi dari kelompok 1 yaitu Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran, kebetulan juga saya adalah salah satu anggota nya. Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran saya rangkum menjadi subbab sebagai berikut;
A. Pengertian Permintaan

Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu. Terdapat juga sebuah Hukum Permintaan yang berbunyi: “Apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan”.
Faktor-faktor nya antara lain :
- Selera     
- Pendapatan konsumen
- Harga barang atau jasa pengganti
- Harga barang atau jasa pelengkap
- Perkiraan harga di masa datang
- Intensitas kebutuhan konsumen
B. Pengertian Penawaran
Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu atau keadaan keseluruhan dari hubungan antara harga dan jumlah penawaran. Terdapat juga Hukum Penawaran yang berbunyi: “Bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun”.

Faktor-faktor nya antara lain :
- Biaya produkisi dan teknologi yang digunakan
- Tujuan perusahaan
- Pajak
- Ketersediaan barang pengganti atau pelengkap
- Prediksi atau perkiraan harga di masa depan.
C. Penentuan Harga Keseimbangan
Harga adalah perwujudan nilai tukar atas suatu barang atau jasa yang dinyatakan dalam bentuk uang. Oleh karena itu, harga merupakan nilai tukar obyektif atas barang/jasa dan nilai tukar obyektif itu sendiri adalah harga pasar atau harga keseimbangan. Harga pasar tidak terbentuk secara otomatis akan tetapi melalui suatu proses mekanisme pasar yakni tarik menarik antara kekuatan pembeli dengan permintaannya dan kekuatan penjual dengan penawarannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar