Selasa, 30 April 2013

resume kelompok 3

A. Perilaku Produsen
Sebuah usaha produksi baru bisa bekerja dengan baik bila dijalankan oleh produsen atau yang sering kita sebut pengusaha. Pengusaha adalah orang yang mencari peluang yang menguntungkan dan mengambil risiko seperlunya untuk merencanakan dan mengelola suatu bisnis. Pengusaha berbeda dengan pemilik bisnis kecil ataupun manajer. Bila hanya memiliki sebuah usaha dan hanya berusaha mencari keuntungan, maka orang itu barulah sebatas pemilik bisnis. Bila orang itu hanya mengatur karyawan dan menggunakan sumber daya perusahaan untuk usaha, maka orang itu disebut sebagai manajer. Agar berhasil seorang pengusaha harus mampu melakukan 4 hal sebagai berikut:
- Perencanaan
- Pengorganisasian. 
- Pengarahan. 
- Pengendalian
B. Pengertian Produsen
Produsen adalah orang yang menghasilkan barang atau jasa untuk dijual atau dipasarkan, sedangkan Produksi adalah usaha untuk menciptakan dan meningkatkan kegunaan suatu barang untuk memenuhi kebutuhan. Seorang produsen atau pengusaha dalam mela
kukan proses produksi untuk mencapai tujuannya harus menentukan dua macam keputusan antara lain :
- Berapa output yang harus diproduksikan
- Berapa dan dalam kombinasi bagaimana faktor-faktor produksi (input) dipergunakan.
C. Fungsi Produksi
Fungsi produksi merupakan interaksi antara masukan (input) dengan keluaran (output).
D. Tujuan Produksi
Tujuan produksi yaitu untuk memperoleh laba atau keuntungan. Laba dalam arti sederhana adalah total penerimaan dan total pengeluaran. Selain itu tujuan produksi ialah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam usaha mencapai suatu kemakmuran.
Oleh sebab itu hal-hal yang harus dilakukan pengusaha untuk meningkatkan hasil produksi sehingga tujuan mendapat keuntungan pun dapat tercapai. Untuk memaksimalkan hasil produksi harus memenuhi beberapa konsep penting dalam perilaku produsen yaitu harus memperhatikan Faktor Produksi dan Fungsi Produksi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar